Sunday 20 May 2012

Kenapa Langit Berwarna Biru ???


Pada siang hari,  ketika matahari tepat berada di atas kepala kita, saya mencoba memandang langit yang sangat cerah sekali. Alangkah indahnya pemandangan ini. Sungguh karunia Allah yng sangat berarti bagi seluruh mahluk hidup di dunia ini. Sudah seharusnya kita mensyukuri nikmat yang satu ini.  
Kenapa langit berwarna biru terang….???  Tentunya ini akan menjadi pertanyaan ilmiah. Dulu sebagian orang berpendapat.  Apakah karna pantulan cahaya dari matahari yang mengenai air laut yang berwarna biru dan dipantulkan kembali sehingga lagit  berwarna biru juga..tapi alasan tersebut diragukan….karena jika penjelasan langit berwarna biru terang…lalu kenapa pada sore hari saat kita melihat ke ufuk barat langit berwarna jingga kemerah-merahan
 Bumi  diselubungi oleh lapisan udara yang disebut atmosfir walau pun tak tampak.Udara sebenarnya terdiri atas partikel-partikel kecil. Cahaya yang dari matahari  di hamburkan dari partikel partikel di atmosfir .
Cahaya matahari terdiri dari paduan warna dari merah, kuning, hijau, biru, hingga ungu.
Masing-masing warna itu memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Merah memiliki frekuensi yang lebih rendah dari kuning , kuning  memiliki frekuensi yang lebih rendah dari hijau, hijau memiliki frekuensi yang lebih rendah dari biru, dan biru memiliki frekuensi yang lebih rendah dari ungu, semakin besar frekuensi yang dihamburkan  maka akan semakin besar kuat cahaya itu dihamburkan. Warna langit sebagian  dari cahaya matahari di yang hamburkan dan yang paling banyak ialah frekuensi warna yang tinggi (hijau, biru, dan ungu). Maka langit memiliki warna dari campuran 3 tersebut yang dipadukan maka akan berwarna biru terang .


Hal itulah yang mengakibatkan langit berwarna biru terangseperti yang kita lihat saat ini.



 

No comments:

Post a Comment